Wednesday, October 28, 2009

Sumpah Pemuda

Pada inget ga isi sumpah pemuda itu apa....?
Seperti yang bisa kita liat di gambar ini, isi sumpah pemuda itu tentang tanah air, bangsa, dan bahasa.
Tapi hari ini gw mau mengangkat seberapa besar sih pengaruh sumpah pemuda itu dikalangan masyarakat. Sepertinya dalam kalangan masyarakat sekarang masih belum mewujudkan keinginan para pencetus sumpah pemuda tersebut. Buktinya hingga kini masih saja ada deskriminasi antar ras, suku, golongan, dan agama. Ada yang menyebut mayoritas dan minoritas.
Seharusnya dengan adanya sumpah pemuda ini kita harus lebih bersatu. Bukan memecah belah dan mengelompokkan diri dengan golongan2 tertentu. Memang perbedaan itu ada di dalam bangsa kita, ada yang menjunjung tinggi adat dan budaya daerahnya tetapi kebudayaan yang berbeda dari daerah lain juga harus dihormati karena itulah indahnya keanekaragaman budaya yang ada di dalam bangsa kita.
Intinya sih sekarang kita harus bersatu tampa pandang bulu... Harus saling tolong menolong, rukun, saling menghormati, dll. Ya intinya sih kita harus terapkan semua bab pelajaran PPKn dalam kehidupan kita... Harusnya kita masih ingat kan... Dari SD sampai SMA aja ada 12 tahun belajar PPKn....

So.... "Bersatulah Indonesia, Jayalah Indonesia"

No comments: